5 Karakteristik Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Pebisnis


Akhir-akhir ini, dalam rangka menuju kebebasan finansial, banyak orang yang mulai beralih menjadi seorang wirausahawan. Namun ternyata menjadi seorang wirausahawan tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa karakteristik kewirausahaan yang harus dimiliki jika ingin menjadi pebisnis yang sukses dan tahan banting. 

Untuk menuju kesuksesan sebuah bisnis, hal-hal teknis memang perlu diperhatikan. Misalnya saja faktor modal, penguasaan pasar, mengerti bagaimana cara memasarkannya, dan hal sebagainya. Tapi jangan lupa, kesuksesan bisnis juga datang dari diri sendiri.

Oleh karena itu, ada beberapa karakter wirausaha yang harus dimiliki terlebih dahulu. Karakteristik kewirausahaan selalu diidentikkan dengan mental kerja keras dan pantang menyerah. Hal ini karena untuk mencapai kesuksesan tidak bisa ditempuh dengan jalan yang mudah. 

Tertarik untuk berwirausaha? Yuk, pahami dulu tentang pengertian, tujuan, dan karakteristik kewirausahaan.

Pengertian Karakteristik Kewirausahaan

Seperti yang diketahui bersama, dunia bisnis adalah dunia yang begitu dinamis, begitu fluktuatif sehingga kamu perlu pondasi yang kuat dari dalam diri. Karakter seorang wirausahawan bisa menentukan kesuksesan bisnis yang sedang dijalani.

Apa yang dimaksud dengan karakteristik kewirausahaan? Karakteristik kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai hal yang berhubungan dengan ciri khas, perilaku, dan sikap seseorang untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha.

Perilaku dan sikap tersebut biasanya mencakup sebagian besar tindakan seorang wirausahawan dalam kesehariannya.  Perlu diingat bahwa keahlian berbisnis tidak timbul sejak lahir, melainkan timbul berkat latihan dan kebiasaan.

Jadi, tidak menutup kemungkinan, bagi Anda yang tidak memiliki dasar berwirausaha bisa melatihnya mulai sekarang untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Salah satu caranya adalah menumbuhkan karakter kewirausahaan di dalam diri sejak dini. 

 

Tujuan Adanya Karakteristik Wirausaha

Karakteristik dalam berwirausaha muncul bukan tanpa tujuan. Tujuan tersebut bisa mencakup tujuan pribadi maupun untuk kepentingan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tujuan adanya karakteristik wirausaha:

1. Persuasi Kewirausahaan kepada Masyarakat

Saat seseorang mulai menjalani wirausaha dan mampu meraih kesuksesan, maka timbullah kesadaran masyarakat untuk ikut berwirausaha. Masyarakat akan tergerak untuk mencari tahu tips dan trik sukses berwiraswasta kemudian belajar menjadi pribadi yang tangguh dan ulet dalam membangun usaha.

2. Budayakan Sikap dan Perilaku Berwirausaha

Seorang wirausahawan yang sukses mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Siapa yang tidak ingin usahanya sukses? Tujuan inilah yang akan membentuk semangat dan daya juang yang gigih agar usaha yang dijalankan berhasil.

3. Meningkatkan Jumlah Wirausaha yang Berkualitas

Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi salah satu hal yang dibutuhkan saat menjalankan suatu usaha. Hal ini akan berdampak pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sehingga memungkinkan sumber daya manusia tersebut membuka lapangan pekerjaan sendiri.

4. Memajukan dan Mensejahterakan Masyarakat

Satu bisnis baru yang dibuka mampu menjadi lapangan kerja yang menyerap beberapa tenaga kerja. Dengan begitu, para wirausahawan telah menambah lapangan pekerjaan serta mengurangi pengangguran.

 

Karakteristik Wirausaha yang Harus Dimiliki Pebisnis

Persiapan untuk berbisnis tidak melulu soal hal teknisnya saja. Ada beberapa hal lain yang harus dipersiapkan dengan baik agar bisnis yang dijalani ini berkomitmen tinggi. Salah satu persiapan yang mesti kamu terapkan adalah karakter kuat wirausaha.

Inilah 5 karakter wirausaha yang harus ada dalam diri seorang pebisnis:

1. Bersikap Jujur

Dalam dunia bisnis, kejujuran adalah sebuah prinsip yang wajib ada dan dipegang kuat. Kesuksesan sebuah bisnis bisa dimulai dari sebuah kejujuran yang kuat. Tidak hanya modal materi, karakter jujur bisa membawa kamu ke tahap bisnis yang baik.

Mengapa kejujuran menjadi hal yang penting? Hal ini karena dalam dunia bisnis, jujur sangat lekat dengan percaya. Jika seseorang sudah jujur dan dapat dipercaya, tidak heran kalau bisnisnya akan semakin berkembang. Karena mereka dikenal sebagai orang yang dapat dipercaya.

2. Disiplin

Karakter yang satu ini akan memperlihatkan seseorang tersebut benar-benar gigih dalam melakukan segala upaya untuk bisnisnya. Disiplin adalah soal keteraturan dalam melakukan sesuatu yang berkaitan dengan bisnis.

Dengan disiplin dapat menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan pekerjaan hingga mencapai tujuan yang diinginkan. Bagaimana jika belum berhasil mencapai tujuan? Coba terus karena setiap usaha akan membuahkan hasil asalkan dilakukan dengan disiplin. 

3. Komitmen yang Tinggi

Komitmen yang tinggi adalah salah satu karakter wirausaha yang harus melekat pada seseorang yang ingin mulai berbisnis. Komitmen berkaitan dengan perkataan yang harus bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

Sama dengan sebuah kejujuran, komitmen yang tinggi dalam berbisnis bisa membuahkan kepercayaan yang tervalidasi dengan baik. Ini akan mengarahkan seseorang pada langkah-langkah yang lebih mudah dalam jalannya sebuah bisnis.

4. Percaya Diri

Sikap percaya pada diri sendiri  adalah modal yang cukup baik untuk sebuah permulaan. Tandanya seseorang sudah siap untuk menghadapi segala tantangan di dunia bisnis.

Namun, percaya diri harus diimbangi dengan pengendalian diri. Jika percaya diri tidak terkendalikan, diprediksi akan muncul sifat kesombongan. 

5. Kreativitas Tanpa Batas

Apa sih yang membedakan satu bisnis dengan bisnis lainnya? Bisa jadi produk atau barang serta jasa yang ditawarkan sudah ada orang lain yang lebih dulu menjalankannya. Lalu apa yang membedakan?

Salah satunya adalah tingkat kreativitas yang perlu diasah. Kreativitas memungkinkan Anda untuk menciptakan hal yang berbeda. Apalagi kreativitas tersebut ditunjang dengan inovasi, maka usaha yang sedang Anda jalankan dapat menarik minat para pelanggan.

Baca Juga: Kenali Ruang Lingkup Perusahaan Manufaktur

Manfaat Karakteristik Wirausaha

Dengan memiliki karakteristik kewirausahaan , beberapa manfaat ini bisa Anda rasakan:

1. Pertumbuhan Kemampuan Manajerial

Salah satu manfaat terbesar dan paling signifikan dari kewirausahaan adalah membantu dalam mengidentifikasi dan mengembangkan bakat manajerial. Pengusaha yang sukses harus belajar banyak keterampilan untuk menjalankan bisnisnya.

Salah satu keterampilan yang sangat penting adalah seni membuat keputusan. Jadi seorang wirausahawan menimbang pilihannya, menganalisis pilihannya dan memilih alternatif terbaik. Inilah inti dari pengambilan keputusan.

Sepanjang jalan, seorang pengusaha bahkan dapat mempelajari fungsi dan teknik manajerial baru. Ini sangat membantu dalam pengembangan keseluruhan kemampuan manajerial dalam suatu ekonomi.

2. Meningkatkan Standar Hidup yang Lebih Baik

Perlu diketahui bahwa kewirausahaan membantu memenuhi semua kebutuhan pelanggan. 

Inovasi pengusaha akan meluncurkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, walaupun bukan barang atau jasa yang umum. Beberapa produk atau jasa dengan persyaratan khusus juga mampu dipenuhi oleh pengusaha.

Jadi kondisi ini menghasilkan standar hidup yang lebih baik bagi anggota masyarakat. Peminat elektronik berteknologi tinggi, pengalaman belanja pribadi, mobil mewah, dan produk lainnya adalah hasil dari peningkatan standar hidup manusia berkat para pengusaha.

3. Pembangunan Ekonomi

Pengusaha yang kreatif dan inovatif memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional sebuah negara. Peran pengusaha tidak hanya menginvestasikan modalnya sendiri tetapi juga menarik modal dari pasar asing. 

Modal yang terkumpul kemudian dimanfaatkan untuk aktivitas produktif dan mengubahnya menjadi barang atau jasa yang memiliki nilai guna. Sumber daya atau modal keuangan yang terkumpul ini adalah dasar dari penciptaan kekayaan dalam perekonomian.

Baca Juga: Pengertian Pajak Penghasilan dan Cara Menghitungnya

Penggunaan Teknologi di Bidang Kewirausahaan

Dalam berwirausaha, dibutuhkan juga konsistensi untuk mencatat segala pengeluaran dan pemasukan yang terjadi pada bisnis. Hal ini adalah penting, selain bisa menilai kesehatan bisnis dari untung atau rugi yang Anda dapatkan. 

Anda juga bisa membuat rencana pengembangan bisnis yang berkesinambungan berdasarkan data keuangan Anda. Lakukanlah pencatatan transaksi melalui proses pembukuan yang benar dan sesuai standar yang berlaku. 

Percaya atau tidak, mengelola keuangan bisnis merupakan hal penting yang harus dilakukan pengusaha pemula maupun pengusaha yang sudah berpengalaman. Banyak pengusaha yang gagal menjalankan dan mengembangkan bisnis hanya karena tidak mengelola keuangannya dengan baik.

Untuk mengelola keuangan, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari. Software Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Pada November ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Seminority Studio

Video and Photography Agency

Seminority Studio

Video and Photography Agency